Menaklukan hati. 

…hati murid. Bukan gebetan. 
 

Lika liku jadi guru salah satunya adalah soal trial error menaklukan siswa. Bentar, maksudnya mengambil hatinya..  biar kalau nanti kita mau nasihatin anak itu, mau memberikan ilmu, jadi gampang masuk kalau hatinya udah keambil.  

Gimana ceritanya ilmu atau nilai-nilai baik yg mau kita kasih ke anak bisa masuk kalau meraih hatinya saja kita sulit. 

So, the first thing to do as a teacher is win the heart of your student. Ngajar mah inshaAllah semua guru mah bisa lah ya. Terus  Dengan apa caranya? 

Pake hati juga dong ah. 
* Buat mereka merasa ada. 

Sapa dengan namanya setiap pagi salaman, tanya kabarnya.. ingetin jgn lupa sarapan (jgn gebetan mulu). 
* royal akan pujian ( tapi gak menjilat ya). Apresiasi..apresiasi..apresiasi. kebaikan atau perubahan baik dari mereka. Sekecil apapun. Misal, kemarin anaknya potong rambut modelnya masih ngaco.. kita omongin trs besoknya dia potong rambut lagi. Puji dooong .
“wah, nak.. kamu ganteng ih.. nah gitu dong. Alhamdulillah anak sholeh, sekali dibilangin lgs dilaksanain..  ”

” alhamdulillah ih ibu seneng, hari ini datangnya jam 7 kurang sepuluh. Kemarin setengah 8 terus. Ada perubahan.. alhamdulillah..tingkatkan yaa nak.. ” 

(Anak sok jaim pas digituin, tp trust me.. they’re happy. Mereka seneng loooh digituin).  

* listen to them carefully. Anak-anak punya kebutuhan untuk didengarkan dan di anggap ada sangat banyak. 

Gak sekali dua kali saya dgr murid saya curhat gini.. 

” aku tuh gak butuh uangnya mama.. aku ga butuh mobilnya papa (cie, tp ttp berangkat sekolah mah dianter ya nak haha #eh) aku cm pengen mereka ada buat aku.. dengerin aku..” #makjleb

See, listen listen listen. 

* jangan mudah menyerah. Ya dong. Sekali dicuekin bocah, jgn langsung patah hati. Gali lagi, cari lagi..kira2 pendekatan yg pas apa. Bocah ngantuk di kelas kita, cuek, koreksi lagi kira2 cara ngajar kita udah oks belom buat mereka.  
Hmm apalagi ya. Itu aja kali ya. Hahaa. 

Nanti dilanjut lagi, kalo ga males. 
  


2 thoughts on “Menaklukan hati. 

  1. Aku klo ada anak tidur di kelas mah ya biarin aja. Namanya jg ngantuk, mo gmn lg. Aku jg klo ngantuk, mo dipaksa melek yo nggak bs. Mendingan kamu tidur nak, drpd bikin keributan yg mengganggu ketertiban umum, hahaha. Tp biasanya emg anak tidur di kelas, ada cerita di baliknya. Ntah yg belajar sampe jam 3 pagi. Ada jg yg kecapekan ngurus rumah tangga (udah ga ada ibunya).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s