Resep sambel cikur a.k.a sambel kencur

Hari ini saya pengen ngomongin sambel dan nge share resep sambel favorit saya. 
Beruntunglah kita yang terlahir sebagai orang Indonesia yang kekayaan kulinernya luar biasak. Ngomongin makanan mah gak akan ada habisnya. 
Salah satu pendamping lauk makan yang sering ada di tiap rumah adalah sambel. Hayok, siapa yang di rumahnya tiap hari harus ada sambel?. Emang sih, makan tuh lebih nikmat kalo ada sambel.. lauk sederhana aja kalo sambelnya enak mah, jadi nikmaat banget. 
Sambel buat saya emang bikin napsu makan meningkat berkali lipat. Apalagi kalo ada sambel berdampingan sama masakan ala sunda kayak sayur asem, ikan asin, tahu dan tempe goreng. Gusti..bikin khilaf makan nasi banyak-banyak deh. Tapi serius deh, kalo sambelnya enak..makan pake tempe aja udah ngalimeud (bahasa sundanya nikmat). 

Ada buanyaak banget varian sambel di Indonesia. Sebagai orang yang terlahir dan besar di tanah pasundan, sambel favorit saya gak jauh dari sambel terasi mateng, terasi mentah, sambel goang, sambel cikur.. dan baru-baru ini lagi demen banget sama sambel korek padahal itu dari jawa ya hehe.
 Kalo sambel dari daerah lain kayak sambel dabu juga doyan, sambal matah juga doyan.. ah, kayanya emang doyan semua sambel mah. 
Khusus buat sambel korek ini saya mulai suka sejak kuliah di jogja kemarin. Padahal sambelnya cuman sederhana bingit. Cuma paduan dari rawit merah, bawang putih, dan garam. Tapi yang bikin enak adalah karena di siram minyak sayur mateng (lebih enak pake minyak yang udah pernah dipake alias jelantah. Ini serius.hahaha). Sambel korek ini wuiiih pedesnya nyelekit. Di cocol pake tahu goreng atau jamur krispi.. enyaaak banget. *elap iler*.
Setahun kemarin di jogja nyari sambel yang pedesnya pas emang nggak  begitu gampang karena rasa-rasanya suka rada manis. Jadi my fave sambel pas di jogja adalah sambel korek. Pedesnya juarak. 
Nah, kali ini saya mau share resep sambel yang biasa di bikin orang sunda. Kalo kalian makan di rumah makan sunda, mungkin bisa menemukan menu sambel ini. Namanya sambel cikur alias sambel kencur. Sambel ini menurut saya jauh lebih sehat karena bahannya gak di goreng. Dan bikinnya juga gampang banget. Rasanya juga menurut saya seger banget karena merupakan perpaduan dari tomat dan jeruk limau. 
Tapi, ati-ati ya jadi nambah nasi terus. Hehe. 
Yuk cus ke resepnya. 
Sambel cikur. 


Bahan:

– 2 buah bawang merah

– 7 buah rawit hijau (ini kalo mau lebih pedes ya tambahin aja)

– 1 buah cabe merah

– 1 ujung ibu jari kencur 

– 2 buah tomat merah ukuran sedang

– 1 ujung sendok terasi bakar

– sejumput gula putih 

– garam secukupnya 

– 1 buah jeruk limau
Cara membuat:

Yah, sama kayak bikin sambel dimana-mana.. uleg kasar semua bahan mentah, kemudian kucuri air jeruk limau. Koreksi rasa.. jadi dehhhh.. Gampil banget lah. 
Selamat mencoba. 

Oia kelupaan ini gambarnya.. 

Ati-ati, nasi putihnya dikontrol bu ibuk.

Advertisements

3 thoughts on “Resep sambel cikur a.k.a sambel kencur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s