tongseng ayam ala-ala. 

Selamat sore… balik lagi ke bagian resep gampil ala neng ipeh. Berhubung akhir-akhir ini hujan melulu nih di daerah rumah saya, jadi bawaannya pengen ngunyah melulu. Mungkin ini side effect karena gak bisa kemana-mana ya. Halah, alesan bilang aja emang gembul neng. 

Tadi siang ibukke tercinta beli ayam mentah di kang sayur. Ya mungkin beratnya sekitar 300-400 gram kali ya. Ga terlalu banyak karena cuma ada sekitar 4-5 potong. Ada paha dan sisanya bagian dada. Kata ibuku itu di beli buat makan nanti sore, jadi belio cuma inisiatif buat rebus itu ayam pake daun salam dan geprekan bawput. Jadi sorenya tinggal saya olah. Iya, ibu saya mah males masak emang haha. 

Sore ini ternyata masih ujan juga, saya udah siap-siap turun ke dapur buat masak. Di rumah saya emang kalo makan malem itu lebih cepet. Ga ada yang makan di atas jam 7 jadi masak pun sore aja sekalian. Saya nanya ke ibuke itu ayam 4 potong mau diapain. Mau di goreng kok ya bosen, mau di kecap juga bocen. Tetiba ibuke nyeletuk. Bikin tongseng neng! Yawes. Ceki-ceki kulkas dan liat tempat bumbu ternyata bahannya lengkap. Kuy eksekusi titah sang ibunda. Bikin tongseng ala-ala deh kita. 

Resepnya saya gak mau ribet. Saya nyontek resepnya mbak endang di JTT. Cuma saya modif aja tambahin banyak cabe rawit dan ekstra tomat biar seger. Terus ayamnya juga pake yang ada, gak pake ati ampela apalagi tulang-tulangan kaya resepe simbak. 

Mbak endang emang junjunganku!

Ok. Ini dia resepnya.. 

Bahan:

– 300 gram tulang-tulang ayam (paling oke adalah bagian punggung dan sayapnya) + beberapa pasang hati, ampela dan jantung ayam (Aku pake ayam yang ada ituh) 

– 200 gram kol, iris kasar memanjang (punya saya ga ditimbang kolnya berapa gram.. yang ada di kulkas aja. Wkwkw. Pake ilmu kira2 aja guys jadinya)

– 1 batang daun bawang, rajang halus (pake 2 batang tadi)

– 1 sendok makan minyak untuk menumis

– 1 buah tomat merah (saya pake 2 buah)

– 250 ml air (ini di kira-kira aja tadi. Sebanyak apa kuahnya yang dipengen)


Bumbu dihaluskan:

– 1 sendok teh ketumbar sangrai (akooh ga disangrai dolo)

– 4 butir kemiri

– 1/2 sendok teh merica butiran (ladaku merica bubuk for the resque.. ahahah. Aku, pake setengah bungkus)

– 1 batang serai, ambil bagian putihnya

– 1/2 ruas kunyit 

– 1 ruas jahe

Bumbu diiris:

– 3 butir bawang merah

– 2 butir bawang putih

– 5 butir cabai rawit 

Bumbu pelengkap:

– 2 lembar daun salam

– 3 lembar daun jeruk (ga pake, ga punya)

– 1 ruas lengkuas, dipipihkan

– 1/2 sendok makan garam

– 1 sendok makan gula

– 1 sendok makan kecap manis
– 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional) (saya gak pake) 


Rasanya kumaha? Yaa.. kalo ngikutin resepnya JTT mah insyaallah gak akan gagal kalo ga melenceng2 bgt mah resepnya.. yah minimal mirip-miriplah. 

Jadi, semangkuk tongseng ayam anget ready buat makan malem. 
Selamat mencobak 💙

2 thoughts on “tongseng ayam ala-ala. 

Leave a Reply

