Tahu gejrot ala ala. 

Halo selamat hari minggu. Semoga hari ini banyak berkah ya meski mendung-mendung terus. Sejak saya balik ke rumah, otomatis kegiatan perdapuran berjalan kembali. Saya turun lagi ke dapur untuk masak buat orang serumah. Sebelum saya balik, mama lebih suka beli makanan jadi aja. Paling masak buat ayah saya karena kan belio lagi sakit jadi gabisa makan sembarangan banget. Sedangkan saya lebih suka makanan rumahan yang dimasak sendiri daripada beli. Meskipun rasanya sederhana daripada beli, tapi pokokmen lebih sreg makanan rumah.

Pagi ini saya cuma sendirian di rumah karena org rumah lagi ke jogja. Jam 8 perut udah kerucukan tapi malas makan nasi. Padahal tadi pagi banget udah makan buah naga setengah buah. 

Ngelongok kulkas alhamdulillah ada sebungkus tahu kuning. Mikir mau di goreng terus makan sama nasi anget dan sambel kayanya enak banget.. tapi terus insyaf, karena saya emang mulai lagi ngurangin makan nasi. 

Mikir itu tahu mau dibikin apa… terus kepikiran deh buat bikin tahu gejrot. Iyap, tahu gejrot adalah salah satu jajanan favorit saya pas kecil dulu. Belinya di abang-abang yang kalo ngelayanin itu gak pake cuci tangan dulu padahal abis ngerokok. Iwwww kok dulu saya doyan ya padahal jorok hahaha. 

Oke, marilah langsung kita cuss resep tahu gejrot ala-ala saya..yang inshaallah mah lebih sehat dan bersih dari tahu gejrot abang-abang di jalan. Resepnya super gampil dan rasanya maknyus. Saya makan bersama sepiring rebusan brokoli biar ada ijo-ijo sayurannya. 

Tahu gejrot ala-ala. 

Bahan dan bumbu: 4 buah tahu kuning ukuran sedang. 1 buah bwg merah ukuran kecil, stgh siung bawang putih, cabe rawit 3 biji, gula merah setengah bulatan (saya suka sensasi rasa pedas manis, asem, kalo kemanisan kurangin aja gulanya), setengah gelas air asam jawa. Garam secukupknya (pake sejumput kecil aja)

Cara membuat: 

1. Goreng tahu dalam minyak panas sampai kulitnya mengering. (Sebenernya bisa pake tahu kulit cokelat, tapi saya punyanya tahu kuning. Kalo mau pake tahu kulit cokelat, ga usah digoreng lagi.cukup dicuci pake air anget biar bersih tahunya). Angkat. Tiriskan dan potong2 dadu. 

2. Siapkan bumbu. Uleg bwg putih+merah+rawit+garam+gula merah sampai agak halus tapi masih bertekstur. Siram dengan air larutan asam jawa. Koreksi rasa. 

3. Masukkan potongan tahu yang sudah di potong ke dalam kuah bumbu, geprek-geprek perlahan pake muntu biar kuah bumbu meresap. 

4. Tahu gejrot siap dinikmati 😘
Tips: kalo mau lebih sehat lagi mungkin tahunya bisa dikukus aja gausah di goreng. Tapi percayalah yang digoreng lebih enak. *yaeyalah digoreng gitu looh hahaha. 

Makannya pake sayur segabruk biar sehat. 
Selamat hari mingu semuanyaa 🙂

Advertisements

6 thoughts on “Tahu gejrot ala ala. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s