Hidup di asrama. 

Hampir setahun tinggal di asrama ada banyak banget suka dukanya. Namanya juga hidup berbagi atap dengan org lain. Hak dan kewajiban kita selalu beririsan dengan orang lain. Selama hampir setahun ada banyak hal baik yang saya dapatkan. Nah sekarang saya bakal coba bikin ringkasannya (sejauh yang saya rasain). 

1. Banyak temen, tambah keluarga 

Namanya hidup satu atap dalam waktu yang cukup lama, ya mau gak mau tiap hari barengan. Dan lama kelamaan teman pun jadi berasa kayak keluarga. Suka duka ditanggung bersama. Kalo sakit, yang ngurus ya mereka-mereka ini. Lagi sedih. Mereka juga yg siap ngepuk-puk. Tapi mereka juga yang siap ngebully kamu. Haha.

 2. Belajar berbagi 

Di asrama mah gak usah takut kelaperan. Pasti ada aja yang ngebagi makanan. Bosen sama stok makanan sendiri? Main-mainlah ke kamar sebelah, atau kamar depan, atau lantai atas. Niscaya kamu akan mendapatkan perbaikan gizi. Contohnya disini saya punya temen yang selalu punya stok makanan berlimpah tapi dia selalu males makan. Kan rezeki! Haha. Tapi ya jangan cuma mau minta aja, sesekali juga harus berbagi. 

3. Suntuk? Gak sempet. 

Awal di asrama sih saya ngerasa rada susah adaptasi. Mayoritas disini kan berasal dari daerah jawa tengah-timur, which is ngomong jawa. Nah saya kan kurang jelas akarnya. Bapak ibu mah jawa, tapi lahir dan besar di daerah sunda, terus hampir 5 th di jakarta yang mana temen saya betawi semua. Saya kurang pede berbahasa jawa dan berbaur sama mereka. Dan katanya mereka pun awalnya sungkan gabung ama kita yang anak jakarta. Eh sekarang mah saya mingle dimanapun. Ngomong harian juga udh pake bahasa jawa meski campur-campur gak jelas. So, kalo kamu mau usaha buat pdkt dan main sana sini.. di asrama mah gak usah takut sendirian. Inshaallah kalo di asrama stok hiburan ada mulu. Kamu lagi sakit hati? Percaya deh gak akan inget kalo lagi bareng ama bocah-bocah. Karena mereka selalu punya cara buat ngehibur dan ngetawain hal-hal bodoh.

4. Makin bersyukur.

Namanya hidup di asrama kan gak semua hal bisa sebebas di rumah. Ada batas fasilitas dan peraturan-peraturan yang harus diikutin. Nah begitupun di asrama saya. Awal-awal di sini saya lumayan berasa gegar budaya (cielah jakarta jogja doang. Hoek!) . Pertama soal jam malam, di asrama.. jam 10 semua gerbang udah di kunci. Asrama udah sepi. Pas kuliah di jakarta dlu, jam 10 baru keluar kostan buat nyari nasgor karena kelaperan. Di wates jam 10 malem keluar? Di liatin orang-orang. Dan paling banter mau nemu angkringan. Masakan model nasgor, martabak.. udh pada bubar. Atau mau ke minimarket malem? Jam 8 mah udah siap-siap mau tutup kecuali alfamart 24 jam yang rodok jauh. Tapi lama kelamaan ya nyaman aja. Jam hidup jadi lebih teratur. Ngehargain waktu banget deh jadinya. Belum lagi soal makan, di sini sistemnya catering. Ada di jam-jam tertentu dan lauknya apa. Makin telat kamu bangun, probabilitas kamu dapet sarapan itu makin kecil. Atau semakin enak jenis laukny, maka kamu makin berpeluang keabisan makanan. Jadi bersyukur banget kalo bisa dapat jatah makan dengan lauk yang enak. Yang mana itu jarang terjadi. Haha. 

5. Belajar untuk ikhlas ngantri. 

Ini salah satu masalah orang indonesia banget. Susah ngantri. Apapun. Toilet kah. Mesin cuci lah. Kayanya ada aja peristiwa salip-salipan. Nah kalo di lantai saya, kayaknya udah ada peraturan tak tertulis soal antri ini. Kalo misal di di deket mesin cuci ada ember rendaman cucian. Maka siap-siaplah antri. Ga boleh nyerobot ngeringin. Antri.

6. Makin tau karakter orang. 

Katanya kan kita tuh bisa tau karakter orang kalo kita hidup bareng sama mereka. Pun di sini. Ada temen yang awalnya berasa klik dan cocok banget. Tapi lama-lama malah gak cocok dan malesin. Trus tapi ada juga yg malah jd cs-an di akhir. Semua bisa terjadi. 
Terus apalagi yak, banyak sih. Duka-dukanya belom ditulis. Nanti deh kapan-kapan di lanjut. 
Dih. 

Kentang. 

Amat. 

Advertisements

6 thoughts on “Hidup di asrama. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s