Emosi

Sejatinya saat saya sedang menjalankan peran profesi saya (guru BK, konselor sekolah) maka saat itu pula gak cuma saya mengajarkan sesuatu kepada murid-murid saya, tapi juga ke diri saya pribadi. 

Seperti hari ini saya ajak anak-anak belajar ttg gimana sih caranya memanajemen emosi.. menyampaikan materinya secara sederhana, lalu kami bersama-sama bikin project “feeling list” suka-suka..biar ada kenangannya nanti kalo saya udah gak ngajar di sini. 

Namanya anak SMP kan banyak banget tuh konflik yang terjadi di dalam dirinya terkait perubahan fisik dan mentalnya sebagai remaja. Membelajarkan mereka ttg “emosi” saya rasa bisa bermanfaat buat mereka. Biar mereka bisa lebih kenal dirinya saat sedang merasakan emosi A-Z. Kan suka ada tuh ya kita tuh gak sadar kita sedih karena apa, kita bad mood karena apa, saya pgn murid-murid saya bisa memahami itu. Tentu dengan cara belajar dan bahasa yang sederhana.
Lalu saat saya mau menutup kelas tadi, saya bilang ke mereka : 

” Jadi ya nak.. di dunia ini gak ada sesuatu yang abadi. Termasuk apapun perasaan yang sedang kita alami. Bisa jadi hari ini kita senang sekali, menertawakan banyak hal, lalu besoknya Allah takdirkan kita mengalami sesuatu yang bisa membuat kita sedih. Gak ada yang abadi.. jadi rasakan semuanya sewajarnya nak. Saat sedih, ya sedihlah, saat bahagia ya bahagialah..nikmati perasaan itu, dan jangan lupa bersyukur karena Allah masih mengizinkan hati dan pikiran kita merasakan berbagai muatan emosi..”
Aah, sounds so wise kan ibuk satu ini?? Hahaha.
 Tapi sedetik kemudian saya menyadari.. semua barisan kata-kata itu ditujukan bukan cuma untuk mereka, tapi..

Untuk diri saya pribadi. Diri sendiri.

 Yang lagi berusaha sekali menikmati semua perasaan yang hadir. 

Lalu melangitkan doa syukur: 

” Ya allah nuhun, udah diizinkan merasakan ini semua.. ”

Terimakasih anak-anak, ibuk belajar banyak hari ini 💕

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s