Goodbye rural craft!

Walau sering dramah, tapi gak bisa dipungkiri kalau saya sama simamas itu lumayan cocok kalo bisnis bareng. Kayak beberapa bulan ini jualan pop up card dan scrapbook hasilnya ternyata lumayan juga nambah-nambah recehan ditabungan. Saya yang bawel cocoklah jadi bagian dealing sama klien, dari mereka cuman nanya-nanya tapi gak jadi pesen dan yang sampe pesen.. dan simamas yang lebih practical sama rada males basa-basi orangnya bagian eksekusi alias crafternya.

Jadi alurnya adalah, saya terima pesenan-nanya detil pesenannya gimana-klien kirim foto-transfer biaya-drop detil pesenan ke simamas-pesanan dibuat-revisi klien sampe cocok- mamas kirim pesanan-saya konfirmasi ke klien. Rada panjang ya prosesnya.. tapi seriously kami menikmati banget proses jualan bersama ini.

Menikmati tiap abis subuh buru-buru kirim detail pesanan atau desain karena kami seringnya pake paket midnight biar hemat, menikmati gimana saya bisa nyemangatin dia pas loading pesenan lagi banyak-banyaknya. Menikmati sharing ide kalo simamas lagi mentok bikin pesenan klien yang kadang suka ajaib-ajaib. Menikmati ketawa bareng kalo misal (maap) poto-poto yang dikirim klien ucul-ucul..haha.

Bagian paling bahagianya kalo pas lagi dikabarin klien: ” sist saya udah transfer, silakan dicek.. ” muahahaha. Dan juga bahagia banget kalo pesenannya sesuai dengan permintaan klien.

Kuncinya ngadepin klien ya cuma hiji: SABAR. Klien maunya banyak? Sabar.  Klien revisi desain tiada akhir? Sabar. Koneksi internet lemot? Sabar. Klien minta diskon mulu? Ga boleh! Hahaa. Gak ding, sering kok kami kasih diskon.

Nahhh, karena februari dah mau abis.. minggu ini kami mulai close order. Cuman nyelesein orderan yang masuk di awal feb aja karena akhir februari kami mulai kuliah lagi dan LDR lagi .
Jujur sedih banget deh mau nutup @rural_craft ini. Meskipun ya saya cuman bagian ngurus order dan ga bisa bikin (semua dikerjain di rumah simamas di Lampung) tapi berasa kehilangan. Dari jualan ini kami belajar banget ngumpulin recehan bareng, belajar sabar ngelayani costumer, dan sedikit demi sedikit saya belajar ngontrol uangnya dengan bijak karena saya yang megang uangnya.

Terus kayanya bakal kangen posting-posting lagi hasil karya simamas di lapak jualan instagram kami..huhu.

Tapiiii kata si mamas insyaallah lapaknya bakal buka lagi tahun depan pas kami selesai kuliah dan mulai merencanakan kawinan insyaallah. Doain aja makanya sampai tahun-tahun ke depan kami masih barengan dan bisa jualan lagi.

So.. long rural_craft. Maaciw untuk yang sudah order di kami. Seneng banget bisa berbagi kebahagiaan sama klien-klien kami 💛

Advertisements

3 thoughts on “Goodbye rural craft!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s