Teriyaki sauce hokben (ala-ala)

Duh judulnya :p

Di sini siapa yang hobi makan di hokben? *angkat tangan sendiri*. Iya saya hobi makan hokben, tapi ga bisa sering-sering karena mayan juga sekarang harganya. Saya biasanya pesen yang paket bento special around 45K yang isinya itu nasi, salad hokben, chicken teriyaki, ebi furai sebiji sama apa tuh sayap ayam yang empuk banget karena dagingnya diolah dg cara dikeluarin dulu, terus digiling, dibumbuin baru dimasukin lagi ke sayap ayamnya..baru digoreng *ngiler njelasinnya* chicken teba atau apalah haha.. ditambah ocha biasanya jadi abis sekitar 50K. Lumayan banget deh ya kan harganya.. meskipun saya akui, paket segitu cukup mengenyangkan banget dan bikin gak kepengen jajan yang lain.

Meskipun hokben sekarang rada mahal, soalnya dulu kan ada paket yang 20 rebuan itu.. (atau masih adakah?) tapi saya tetep prefer makan di hokben sih kalo kepepet makan di mall, daripada keepci harga gak beda jauh tapi porsi kecil, gak dapet sayuran dan minumnya biasanya pepsi atau cola. *gak bisa minum soda anaknya begah*. Well, tapi ya keepci sama hokben emang beda konsep menu sih yaa..haha.

Nah karena gak bisa makan hokben sering-sering karena harga dan gak sehat aja gitu makan di resto cepat saji mulu, maka saya pun nyoba lah di rumah bikin saus teriyaki yang biasa jadi bumbu ayamnya hokben. Itu saus saya demen banget deh, sampe suka saya koretin pake nasi atau ebi furai.. sampai tandas. Segitunya :p, maka saya pun nyoba buat di rumah.. dengan resep mengarang bebas tapi setelah dicobain rasanya gak jauh beda sih sama hokben, malah mungkin rasanya jadi jauh lebih light karena saya gak pake msg buatan sama sekali, dan skip kecap asin karena di rumah gak ada.

Kenapa buat sausnya aja, gak pake ayamnya? Karena saya lagi kepengen makan ayam goreng tepung..terus nanti rencananya mau diguyur pake saus itu. Haha.

Okedoki, langsung aja saya mau berbagi resep saus teriyaki hokban ala-alanya yaaah..

Bahan:
* Sebutir bawang bombay ukuran sedang. Iris bentuk bulat.. *gak dicacah*

* 1  jahe ukuran sedang, diris bentuk korek api
* 1 buah bawang putih
* 1 bulat kecil gula merah, disisir
* 1 sdm lada bubuk
* 1 sdm kecap manis (secukupnya)
* 2 sachet saus cabai abc *sebut merek ih* * bisa diganti sama bubuk cabai kering secukupnya*
* 1 gelas air atau secukupnya
* gula garam secukupnya
* minyak sayur untuk menumis
* 1 sdm cuka masak
* 1 sdt muncung tepung maizena dilarutkan dalam sedikit air.

Cara membuat
* Tumis jahe, bawang putih sampai harum
* Masukkan irisan bawang bombay, tumis sampai layu
* masukkan sisiran gula merah, aduk sampai lumer
* masukkan air matang, aduk sampai mendidih
* masukkan saus cabai
* masukkan lada bubuk
* masukkan gulgar, koreksi rasa
* masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan
* aduk saus sampai mengental.. lalu angkat.

Udah deh jadi.. kalo mau ayam teriyaki ala2 hokben ya stepnya diawal tinggal ditambahin ayam aja. Kalo saya cuman lagi pengen buat sausnya aja.

image

Semoga berguna yaaa, have a nice day πŸ™‚ πŸ™‚

4 thoughts on “Teriyaki sauce hokben (ala-ala)

  1. Duh… Jeng,,, padahal nunggu update-an alan alannya… malah yg nongol resep makanan… jadi pengen,,, tapi males praktek… hehehehe

  2. Akan kucobaaaaa hahahaha aku liat bahan bahannya asik ada semuaaa. Jadi menu minggu depaaaan iniii selama ini aku cuma bikin ayam goreng mentega di sini, ayam tim kesukaan tak dibikin abis gak ada ayam kampung di sini kayaknya, hihihi gede gede semua ayamnya *menyesuaikan sama orangnya kali yee*

Leave a Reply

