Jeroan vs daun jeruk

*Maafkan ketidakkreatifan dalam memberi judul postingan*

Iya, hari ini mau share masakan lagi. Maklumlah status lg free gak ada panggilan kerjaan. Yadah, jadinya di rumah aja. Menginem dan membahagiakan nyonyiah (baca: mamah)

Saya suka banget masakan pedes..karena bisa menambah nafsu makan tentu saja. Hari ini di rumah ada surplus ati rempelo a.k.a jeroan ayam karena nanti malam mau ada pengajian di rumah, mama beli ayam lumayan banyak. Sebenernya rada males makan jeroan, karena pertama ya pastinya kolestrol ya.. terus kadang suka masih rada berbau juga.. makanya saya suka takut kalo beli jeroan di warteg atau diwarung. We never knows.. itu ngolahnya bersih apa enggak yaw.

Nah jadilah saya pengen masak jeroan begitu ngeliat di dapur ada kali sekitar sekiloan udh dicuci bersih sama si adek ( iya, gue tetep geli bersiin ayam daging dan lainnya hihi). Sempet bingung mau diolah kayak gimana, tapi terus tiba-tiba kepikiran oseng mercon yang pernah di makan di jogja. Kayanya enak kalo jeroannya dimasak mirip-mirip oseng mercon. Pedes dan membakar.

Namun karena saya pake daun jeruk yg lumayan banyak, kayanya resepnya lebih cocok disebut jeroan bumbu daun jeruk. Ih aneh ya namanya. Ah apalah, saya mah emang suka gak kreatif ngasih nama masakan. Hehe.

Berarti hal krusial yg harus saya punya adalah daun jeruk. Di abang sayur ternyata gak ada.. akhirnya nanya-nanya tetangga sebelah rumah punya daun jeruk gak. Kenapa sih hrs pake daun jeruk?? Katanya, biar ga berbau..si jeroan ayam harus direbus dulu pake daun jeruk, daun serei, dan beberapa siung bawang putih *resep ngarang aja sih awalnya. Tapi ternyata emang berfungsi nyata ahahaha* .

Alhamdulillah pas banget tetangga sebelah rumah punya pohonnya.. langsung eksekusi deh. Oia, tipsnya biar jeroan ayamnya siap olah tanpa berbau, direbusnya dua kali ya kalo saya. Karena ayamnya ayam negeri.. air rebusan pertama (pake daun jeruk, serai, dan bawput yang digeprek) dibuang, terus di rebus lagi pake daun jeruk. Setelah matang, dicuci bersih pake air matang. Jeroan ayamnya siap diolah dan gak berbau aneh šŸ™‚

Yuk ah langsung aja ini resep abal-abal dari saya disimak. *kalo ada yg mau nyimak sih* lols.

Bahan-bahan:

* kurang lebih 1/2 kg jeroan ayam (atiĀ  rempela, jantung dll. Kalo gak suka usus boleh diskip). Direbus dua kali pake campuran daun jeruk, bawput dan serai yang digeprek.

Bumbu perebus:

* 2 btg serai ukuran sedang
* 5-10 lembar daun jeruk, disobek-sobek jgn lupa biar aromaknya keluar.
* 2 siung bawput.. digeprek sahaja.

Bumbu yang dihaluskan:

* 12 butir rawit merah (asli pake segini aja udah pedesss, kalo kepedesan bisa dikurangin)

* 4 bh bawang merah
* 4 bh kemiri
* gulgar secukupnya
* kecap secukupnya
* jahe digeprek, seujung ibu jari ajah.

Penyelesaian:

* Rebus ati rempelo (ini penyebutannya gak konsisten ya..kdg jeroan kdg ati rempelo hahaha), rebusan pertama dibuang, ganti pake air rebusan kedua, sampe mateng. Cuci pake air matang, tiriskan, dan iris-iris seukuran… errr.. yang penting eat-able dan mangap-able lah ya. Hahaah.

* Uleg bumbu yang dihaluskan. Alhamdulillah tadi tumben gak pake blender. Biasanya demen banget nge-abuse blender hihihi.

* tumis bumbu sampe mateng, masukin gulgar

* tambah air dikit

* masukin jeroannya yg udah diris-iris

* aduk sambil dicicip dan koreksi rasa

* masukin kecap manis secukupnya, koreksi rasa lagi.
* tunggu sambil air agak sat ( apa sih bahasa indonesianya sat itu?? )
* sajikan deh.

Easy peasy kan?? Jadi kalo pengen makan jeroan tp takut berbau dan was-was gak bersih kalo beli diwarteg atau warung, sok atuh cobain resep ini. Gampil pisan, dan sukses bikin nambah nasi putih, lalap timun (biar gak kolestrol) sama kerupuk.

image
Warnanya entah kenapa rada pucet. Mungkin harus ditambah cabai merah besar biar agak berwarna. Tapi ini serius..pedes banget. *lap airmata* *nambah nasi*
Advertisements

7 thoughts on “Jeroan vs daun jeruk

  1. Lain kali kalo mau masak jeroan kasoh tahu saya. Nanti saya kirimin daun jeruknya. Ada tiga pohon di rumah. Etapi bukan harus jeruk purut gitu kan ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s