Carrot cake abal-abal.

Kemarin pas belanja sayuran, ngiler liat di tukang sayur ada sekotak wortel import gendut-gendut banget. Belilah dua bijik seharga 5ribu rupiah. Tadinya pengen makan wortel kukus, atau di jus.. eh sampai di rumah malah kepikiran buat nyoba eksekusi carrot cake. Ceki-ceki bahan di rumah, kayanya komplit..langsung deh eksekusi. Wortelnya saya blender kasar aja tanpa air, biar di cakenya masih berasa teksturnya. Agak deg-degan takut gagal sih, tapi ternyata sukses alhamdulillah.

Resepnya saya pake dari blognya Mbak Endang http://www.justtryandtaste.com, menurut saya resep disana mayan anti gagal hehe. Saya modifikasi sih resepnya sesuai ketersediaan bahan di rumah. Kalo mbak Endang kan pake krimcis, nah saya gak pake. Tapi tetep enak kok meski yang bikin abal-abal hehee.

Cekidot resepnya:

* 2 buah wortel ukuran sedang, blender kasar (mbuh iki kalo di konversi ke gram brp. Krn ga punya timbangan haha)

Bahan basah:
* 4 btr telur
* 250 grm gulapasir+ 5 sendok gula palem
* 250 minyak sayur (atau bs diganti margarin yg dicairkan)

Bahan kering:
* 250 grm tepung terigu (saya pake merk segita biru)

* 2sdm bubuk kayu manis
* 2sdm baking powder

Cara membuat:

* siapkan loyang tulban, saya pake ukuran diameter 22cm, olesi pakai mentega dan tepung terigu, sisihkan

* panaskan oven (saya pakai oven listrik kecil) slm kurang lebih 10 menit di suhu 175°c.

* mixer telur dan gula sampai lembut pake kecepatan sedang (saya kocok ga ampe kaku gitu, sampai lembut biasa aja teksturnya)

* lalu masukan minyak sayur perlahan sampai tercampur rata

*masukkan bahan kering perlahan, sambil dimikser pake kecepatan paling rendah

*masukkan wortel, aduk rata.

* masukan ke loyang

* panggang di oven dg suhu kurang lebih 175°c selama kurang lebih 50menit atau sampai cakenya matang (tusuk pakai lidi buat ngecek)

* tunggu sampai dingin baru keluarkan dari loyang

* bisa pake frosting krimcis atau keju ceddar yg diparut, tp berhubung nyonya rumah gak suka keju-kejuan, jadi skip aja. Gak pake frosting juga udah super enyaaaak!

Alhamdulillah… percobaan pertama bikin carrot cake lgs berhasil. Rasanya seneng bener haha. Meskipun resepnya abal-abal, tapi pas berhasil bikinnya happy juga. Panggang carrot cake ini bikin serumah wangi kayu manis.. ahhh sukak pokoknya. Lain kali mau nyoba bikin di cetakan muffin deh terus dikasih frosting krimcis.

image
Masih di dlm oven. Harap-harap cemas takut gagal..eh ternyata mekar dg cantik

image

Ini setelah agak dingin dan mengempis *halah apalah bahasanya* hahha.
image

Advertisements

15 thoughts on “Carrot cake abal-abal.

      1. Iihhh belum tentu jelek atuuuh, khan belum dicoba hehe
        Ayooo kamu pasti bisaaaa…!!! 😀

        Aaah bisaaa ya bilang ke orang, nyuruh2 gitu, sendirinya juga ngga semangat buat bikin2 kue apalagi dihias-hias hihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s