Terong sambalado~

*Pasang bekson lagu ayu ting-ting dulu*

Yak.. kembali lagi sama warteg mpok ipeh (pssst. Ipeh is my nickname since senior high school, entah siapa yg awalnya manggil itu lah. Jadi melekat ampek sekarang). Empat tahun ngekos di gang pemuda rawamangun, bikin saya khatam lah yah sama masakan warteg. Wong tiap hari jajan di warteg. Jadi sekarang kadang suka kangen makan masakan warteg, walau mungkin kalo bikin di rumah mah jadi setingkat lebih sehat kali ya. Wong minim MsG. Kalo masakan warteg apalagi di wilayah mahasiwa yg terkenal mureh, pasti mecinnya segabruk. Panteslah jadi suka lemot kalo banyak tugas ahahaa. Pilihan menu masakan warteg yang dibeli biasanya kastanya menurun berdasarkan tanggalan di kalender. Kalo tanggal muda ya pesen nasi ayam tambah sayur tambah gorengan biasanya, makin tua tanggal, makin murah meriah ridho. Misal nasi sama balado terong aja udah bahagia. Sambel baladonya minta dibanyakin biar berasa nasinya gak terlalu hambar. Tambahin ama kerupuk serebu perak dan minta air teh tawar anget dimasukin ke tumbler. Udah wareg. Haha.. ya Allah anak kosan kere banget.

Nah, kemaren sore si mamam beli seplastik terong ungu, katanya buat dimasak besok (hari ini) terserah mau dimasak apa. Iyak, mama saya paling males masak. Saya terus yg di inemin suruh masak. Huhu. Yaudah, karena kangen sama sambal balado terong ala warteg, saya pun bikinlah buat makan siang hari ini. Karena nanti jam 11 an mau jalan, masaknya dicepetin. Jadi jam 9 udah mateng hahaha. Biarlah nanti kan nasinya anget, jadi sambalado dingin pun tak apa. Yang penting hati inem udh tenang ninggalin rumah karena nanti nyonya gak ngomel pas pulang kerja soale udh ada lawuh makan siang. (Saya udh bikin adonan perkedel kentang juga, tinggal digoreng) dan dikulkas pun ada tongkol tinggal goreng buat bapake pecinta lauk ikan.

Okaydokay ini dia resep Terong sambalodo abal-abal ala warteg mpok ipeh.

Bahan :
* seplastik terong ungu ukuran sedang. Err tadi ada sekitar 4 atau 5 atau 6 bijik gitu. Di buang pangkalnya, iris jadi dua, cuci bersih lalu di kukus sampe empuk. (Lagi pgn lebih sehat jd dikukus aja)

Bumbu halus ( i use blender ofkorss. Males ngulek cyn hahah)

* 2 bijik cabe merah
* 7 bijik rawit merah (iki biar pedes, kalo pgn ga pedes ya dikurangi)
* 4 bh bawang merah uk sedang
* 2 siung bwg putih
* garam dan gula secukupnya
* setgh bh tomat uk sedang

Bumbu nya di blender pakai sedikit minyak sayur mateng, trs di blend nya jgn sampe terlalu halus kan biar ada efek kayak sambelnya *halah apa sih*

Cara bikin :

* Tumis bumbu yg udah diblender
* masukin gulgar, koreksi rasa
* masukin terong yg udah di kukus, aduk- aduk. koreksi rasa lagi. Kalo dah pas. Ya tinggal diangkat, masukin piring dan sajikan. Jangan lupa rek. Kompornya matiin. Haha.

Jadi deh, sambalado terong abal-abal ala warteg. Dimakan pake nasi anget, sama krupuk mah udah nikmat.

Yawes, inem mau siap-siap jalan dulu lah.

Eh, potone kelupaan.

image

Advertisements

14 thoughts on “Terong sambalado~

    1. Hehhe.. iya kdg masakan mbak di rumah tuh kl coba kita tiruin beda gitu ya rasanya. Klo dlu pas ada yg bantu2 di rumah, si bibinya jago bgt masak sayur asem. Udh minta resep, pas dibikin..beda aja dong rasanya. Hiks.

  1. ih aku selama ini masak terongnya dgoreng.. iya jg ya bs dikukus biar lebih sehat..

    okeeeehh first thing first…. belik blender (huhuhu nguleknya ngga seberapa, nyucinyaaa ituuuu… mamah dedeh, curhat dong.. iya doong)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s