Mau balik lagi gak?

Sekarang setiap ketemu orang lagi, pasti ditanyanya: ” mau balik lagi gak ke perbatasan…?”. Saya pasti langsung jawab: ” Mau banget.. !!!” Kalo bisa sih ganti perbatasannya, geser jangan di pulau kalimantan. Mungkin bisa di sudut sulawesi, sudut papua, NTT,  Aceh atau manapun. Langsung dipelototin Mamah dan Bapak yang gak mau anaknya pergi lagi. Hehe.

Kenapa mau balik lagi ke pedalaman? Emang gak suka di kota? Emang gak kangen mall? Emang gak sepi?. Banyak jawabannya. Tapi yang pasti, setahun hidup terbatas itu membuka banyak perspektif saya tentang hidup. #tsaaaah. Mengajarkan bahwa bahagia itu sederhana bener-bener ada. Membuktikan bahwa saya ternyata gak butuh-butuh amat sama segala hal yang di desa gak ada macam mall, jajanan heits dari A-Z atau hiburan kekinian yang ada di kota. Gak ada itu semua jg ternyata bisa hidup, meski jadi agak katrok kali ya menurut orang kota. Ya tapi mungkin disana mah ya gak butuh juga. Baru sebulan di rumah yang dulu saya kangenin ternyata malah bikin stress. Bingung mau ngapain soalnya hahaha. Kalo di sana, meski hiburan minim tapi ada aja yang dikerjain. Terus jg di rumah tuh ternyata bikin badan jadi ringkih karena terlena sama banyak kemudahan. Mau keluar tinggal naik motor, panas dikit nyalain AC, pergi agak jauh naik mobil. Haus dikit jajan, gampang banget makan di luar. Kalo disana, mau makan ya masak. Lebih sehat. Makan ikan, ikannya dari sungai langsung, gak pake pengawet, mau kemana-mana ya jalan kaki, ga bisa ngandelin minjem motor, jalan jauh bahkan di tengah hari bolong, mandi di sungai, naik perahu berjam-jam, jalan di hutan. Sehat.

Ah, manusia kadang emang selalu ga ada puasnya. Pas disana pengen ke kota, pas udah di kota pengen balik lagi ke hutan. Hehe.

Tapi saya sama mas koko emang udah ada rencana mau mengabdi lagi di perbatasan. Semoga nanti bisa meyakinkan orang tua kami masing-masing buat ngejalanin panggilan jiwa ini. Mengajar anak-anak di perbatasan Negeri. Anak-anak yang masih jadi bagian NKRI tapi nasibnya ga sebaik anak-anak di kota. *tetiba kangen anak murid yang lebih jago nyetir perahu dibanding naik motor, karena gak ada motor*.

Advertisements

4 thoughts on “Mau balik lagi gak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s