yang ringan tapi suka bikin ga berdaya

Ada dua sakit yang sebenernya ringan, maksudnya gak sampe parah dan harus berobat.. tapi kalo sampe menghampiri tuh sering banget bikin tumbang.

Pertama tuh, paket kena flu plus batuk pilek. Combo banget deh rasanya. Hidung meler atau mampet, kepala berat, badan pasti linu2 atau ngga ditambah demam dan greges. Saya biasanya bertahan untuk ga minum obat dulu sampe 2-3 hari. Tapi cukup tau diri untuk gak terlalu deket sama orang, takut nularin. Jadi biasanya saya kalo udah gitu ya nyoba untuk banyakin istirahat. Gak begadang, sebelum tidur dada dan kaki diolesin minyak kayu putih atau vicks vaporub biar napas lega pas tidur, banyak minum air putih, maksain makan sayur yang banyak, dan kalo sakit kepala udah mulai ilang, nyoba deh buat olahraga kecil, biar keringet keluar terus biasanya badan jadi seger lagi. Kalo udah mau lewat 3 hari masih belum enak, ya paling baru minum obat. Soalnya saya emang paling males minum obat..maklum, pas kecil kebanyakan dikasih obat hehe.

Sakit yang ringan tapi sering bikin tumbang itu ya apalagi selain sakit perut pas menstruasi. Kayaknya banyak perempuan yang ngalamin ini deh. Saya sih biasanya tiap bulan sakit juga, pasti di hari awal-awal mens perut sakit. Kram dan mules-mules. Kadang sakitnya tolerable, kadang sampe yang ampe keringet dingin dan ga bisa bangun jadi gak bisa masuk kerja. Pas kayak gini, biasanya saya juga bertahan untuk gak minum obat pereda sakit. Kata mama ga bagus kalo kebiasaan minum, wong sakit mens normal kan ya. Biasanya saya siasatin dengan minum teh manis anget, pake mint lebih enak, jadi bikin anget dan makin rileks, sakitnya jadi berkurang. Kalo ga ada mint tea, ya teh biasa jg gapapa. Kalo pas di rumah biasanya saya suka langganan stok jamu kunyit asam yang diminum pas menjelang dan lagi mens. Entah bener atau engga, tapi menurut saya itu bikin mens lebih lancar keluarnya dan gak terlalu sakit jadinya. Cuma disini sayangnya gak ada yang jual jamunya.. huhu. Selain itu, cara saya ngurangin rasa sakitnya ya apalagi selain banyakin istirahat.. alias tidor, kompres perut pake air anget, dan krukupan di selimut. Atau biasanya suka nyoba posisi-posisi yoga yang katanya bisa ngurangin sakit perut pas mens.

Itu kali ya dua jenis sakit ringan yang kadang malah suka bikin tumbang. Kata orang sih, kalo sakit emang jangan terlalu di rasa biar gak makin nambah sakit. Bener apa ngga? Tergantung orangnya sih.. hehe.

Kalo kamu, sakit apa yang suka bikin tumbang? Sakit hati ga masuk itungan yaaa.. 😂😂😂

Advertisements

5 thoughts on “yang ringan tapi suka bikin ga berdaya

    1. Iya katanya kalo jd ibu ga bs sakit ya mbak.. soalnya bubar jalan smw urusan rumah. Ky pas dulu mamak ku opname lama bgt di rs, duuh itu rumah kami sm semua urusannya.. kayak kapal pecah. Bapak smpe stress sendiri, anak2nya cuma bengong hihi.

      1. Hahhaha iya sepertinya ya mba Lativa..Aku pikir cuma sugesti tp mmg kenyataannya gitu.. Pdh dulu suami ama anakku pernah kena cacar air segala.. Hahhaaha..

        Nde power ngga ada pilihan. Mau ngga mau gak boleh sakit hihi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s