bersiap

Sudah masuk bulan mei..dan itu artinya harus bersiap-siap.

Ngapain? nyiapin hati dong. :p

Ngajar tinggal sebulan lagi, siapin ujian anak-anak, terus liburan bulan puasa. Abis lebaran balik lagi ke Nunukan (ssst.. we have secret trip on Ramadhan & Ied Fit, i’ll post it later kalo udh kejadian, so far tiket udah ditangan sih. hehe.. ) juli-agustus.. dan balik Jakarta !!!!!!!.

Tugas negara bakal selesai di bulan agustus. Ditarik lagi ke jakarta dan akan ada jeda waktu selama kurleb 6 bulan sebelum masuk kamp konsentrasi pendidikan lagi. Mau ngapain 6 bulan itu? di kepala sih ada banyak rencana. Jalan-jalan dan pastinya nyari uang lagi dong. Kerja ! kerja! kerja! .

Bersiap lagi untuk keluar dari zona nyaman ya neng. Mixed feeling bangetlah ini. Sama kayak hampir setahun lalu, saya yang hampir tiap hari ngais rejeki dan sekolah di ruwetnya jakarta, jadi penyumbang dan pengeluh macet, harus terlempar ke sepinya sudut kalimantan. Keluar dari zona nyaman. Antah berantah. Inget banget pas pesawat mau landing di Tarakan, ngeliat dari jendela pesawat ke bawah..

” Ya Tuhan..kayak gini ya kalimantan..sepi amat, mana gedung-gedung?..  ada mall apa kagak ya Allah? ada bioskop apa nggak?”

Lalu saya melanjutkan lima jam perjalanan berikutnya ke tempat penugasan. Dan hari-hari saya pun sejak itu ditemani sepinya desa Mansalong, main-main ke sungai, naik perahu, bawa motor satu jam dengan track lumayan dan kanan kiri hutan kalo mau ke Atm BRI di kota sebelah. No mall, No TV, sinyal internet suram, tapi alhamdulillah di tempatin di kecamatan, ada air meski mati melulu, ada listrik meski nyalanya suka-suka. Tiap hari makan tempe tahu, ayam itu barang mewah, ngga digaji 6 bulan itu sesuatu banget, unduhan film baru itu hiburan banget, dan sejak itu hal-hal kecil yang biasa mudah saya dapatkan di jawa jadi terasa mewah.
I found that : BAHAGIA ITU SEDERHANA.

Rasanya nano-nano, but i survived. Dibalik segala drama, airmata, gelak tawa, hampir setahun ini manalah saya bisa untuk tidak bersyukur. Ikut salah satu program pemerintah ini jadi salah satu episode terbaik dalam hidup saya. Saya jadi punya satu paket keluarga baru yang luar biasa baik hati (halo #timLumbis sayang !), kenalan-kenalan yang sayang juga sama saya.. ( halo keluarga A-Z.. !), murid-murid yang ga selalu manis tapi saya sayangi sepenuh hati, pengalaman mahal nyeberang sungai lebar pake perahu kicik, berenang, hiking ke hutan, jalanan offroad, makanan unik-unik, berteman baik dengan masyarakat dayak asli yang dulu cuma bs liat di TV, oh dan simas.. my bestfriend yang akhirnya dari temen jadi demen. Harus banget kelempar jauh ke kalimantan terus punya pacar yang ternyata mas-mas jawa juga dan rumah ortunya cuma sejam-dua jam dari Jogja dong (daerah asal saya). Betapa takdir mah lucu banget. hahaha..

Suatu hari, saya bakal ngasih foto-foto saya dan teman-teman seperjuagan saya ke anak cucu. *masyaallah jauh amat mikirnya ceu…haha*.

Bahwa, keluar dari zona nyaman hidup itu akan membawa kamu ke pengalaman hidup baru yang luar biasa mahal. Tak terbayar oleh nilai uang. Keluar dari zona nyaman akan membuatmu menemukan dirimu sendiri. Jadi nanti kalo saya punya anak, pastinya akan saya biarkan mereka menikmati hidup dengan sebaik-baiknya. Mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

Pokoe nasihat ibuk adalah..  live your life to the fullest ya anak-anakku ! *diucapkan kepada anak imajiner hahaaha*

****

Mari bersiap peh. Siapkan hati untuk episode-bakal susah move on dari kalimantan. Setahun mengajar, seumur hidup kebayang-bayang.

Terimakasih Mamam & Bapak yang setahun lalu akhirnya memberi restu anak gadis satu-satunya ini untuk keluar merantau. Sungguh semoga Allah terus melimpahi kalian berdua dengan cinta dan penjagaan terbaikNya. :))

Terimakasih tanah borneo !

*elap airmata*

5 thoughts on “bersiap

Leave a Reply

