Ibu enggak galak.

Gue suka nanya di kelas ke murid-murid kalo gue tuh galak atau nggak kalo ngajar?. Anak-anak selalu serempak menjawab :
” Enggaaaaak buuuuu… ” Semoga bukan lip service semata ya nak-anak.

Abisan gue emang suka ngerasa kalo gue galak. Tiap pelajaran bahasa inggris, gaya ngajar gue di kelas adalah ngedrill anak-anak. Latihan ! Latihan ! Latihan ! Speaking.. speaking..speaking..! Pokonya belajar bahasa itu harus mau praktik biar bisa.  Kalo pada males-malesan gue samperin satu2 sampe mereka ngerti, kalo masih males juga gue ” cubit sayang” sedikit. Sampe gue kalo keluar kelas tuh langsung berasa kehausan saking suka berapi-api di kelas. Huahahah.

Kok bisa sih mereka ga menganggap gue galak, padahal gue selalu ” nyiksa” mereka? Ternyata katanya mereka merasa gue memperhatikan mereka. Mereka merasa gue peduli sama mereka, mereka merasa gue gak menyerah sama mereka meski mereka katanya susah banget buat belajar bahasa inggris (apalagi buat anak-anak dayak yg sehari2 pake bahasa daerah dan berbahasa Indonesia pun sulit).

Ketulusan itu berasa di hati ya ternyata… *lap air mata*.

Dan alhamdulillah gue memang merasakan perubahan yang cukup signifikan di kelas yang gue ajar. Kalau pas pertama gue ke sini, kelas 2 SMP tuh harus mulai dari awal spelling alfabet bak anak PAUD, belajar mengenal hurup lagi, belajar hitungan dalam bahasa inggris, nama-nama hari, pokonya kelas bahasa inggris SMP tapi rasa anak TK. Tapi ya namapun perjuangan, gue memutuskan buat sabar dan ga nyerah sama mereka. Sekarang mereka jadi lebih kooperatif kalo belajar, lebih mudah ngerti kalo dijelasin, dan selalu menagih untuk diberi latihan atau PR. Kalian rajin amat sih nak minta PR, ibu aja males ngoreksinya huahahah.

Kelas bahasa inggris gak lagi menyeramkan ya anak-anakku sayang šŸ™‚

Seiring berjalannya waktu, gue mendalami karakteristik beberapa kelas di sini, kebanyakan muridnya kurang termotivasi belajar. Jadi kalo gue cuma ngejelasin materi di depan- senyam-senyum- nasehatin panjang lebar= ANAKNYA BAKAL TIDUR.

Nah makanya karena gaya gue yg berapi-api kadang gue takut kalo terlalu galak sama anak ( red: maksa belajar), eh ternyata they’re just fine with that.  Mari mengucap hamdalah, alhamdulillah.

Tinggal kurang lebih lima bulan lagi gue bertugas di sini. Selain rasa homsik yang wtf banget sama rumah, sama jakarta. Rasa takut pisah sama murid-murid juga mulai mendera hati gue. Gue sayang sama mereka. Meski mereka suka nyebelin, meski kadang mereka ngeluh melulu, meski mereka suka caper dengan bikin kasus, tapi gue sayang sama mereka. Gue ga berani ngebayangin gimana nanti rasanya pisah sama mereka. Masih jelas di ingatan gue bulan september kemarin pas pertama gue masuk ke kelas mereka sebagai
” orang asing” yang memaksa mereka belajar dengan baik, memaksa mereka berperilaku lebih baik, sekarang mereka menganggap gue salah satu guru mereka yg mereka sayang. Meski gue ga sempurna, meski gue sering marah-marah, tapi rengekan mereka akhir-akhir ini yang meminta gue buat ga pulang ke jakarta bulan 8 nanti, cukup membuat gue patah hati setiap kelas selesai.  Oh inikah yang namanya jatuh hati sama anak-anak?. Lu gak harus jadi orangtua biologis dulu buat sayang sama anak-anak. Cukup jadi guru.. dan naluri sayang itu tumbuh sendiri.

Terimakasih anak-anak, sudah mengajari Ibu satu perasaan yang gak akan pernah ibu lupa seumur hidup.

6 thoughts on “Ibu enggak galak.

  1. Jadi inget si bunda pas nanya sama si kaka di rumah…
    “bunda di galak gak di kelas ka…?”…
    Eh si kaka bilang…. “galak….!!!”, sambil lari ninggalin si bunda…. šŸ˜€

Leave a Reply

