Mandiri

Hola-hola.. selamat hari libur untuk semuanya! Karena tiap hari adalah hari libur buat gue, jadi udah nggak ngeh lagi ini libur apaan haha. Ceritanya gue dimintai bantuan sama karyawannya bapak di sekolah buat membimbing anaknya yang mau mulai kuliah. Jadi minta dibimbing nyari kampus atau jurusan2 yang ciamik dan tentu saja masuk budget ortunya dan paling penting anaknya bakal menikmati ntar ya.

Flashback 4.5 tahun lalu beda banget sama gue pas mau nyiapin masuk kuliah. Semua gue kerjain sendiri dan paling satu-satunya yang dianter orang tua (tante gue) itu cuma pas ke UNJ (yang kemudian jadi kampus gue) buat nyari info dftar dan sekalian tante gue ada perlu silaturahim ke temen-temennya sesama alumnus unj dulu. Sisanya urusan daftar-daftar, survey, ujian, gue jalanin sendiri. Bahkan ke jogja dan tes-tes macam simak UI pun gue berangkat sendiri naik transportasi umum dan ga dianter orangtua. Apakah gue waktu itu sedih ngeliat calon-calon mahasiswa lain dianter orangtuanya saat antri2 tes masuk perguruan tinggi? Ya jujur aja rasa sedih sedikit pasti ada waktu itu, tapi ujungnya gue happy-happy aja. Gue sadar sekali orangtua gue pegawai negeri biasa yang kerja dari senin-sabtu dan ga bisa cuti seenaknya. Kakak gue pun ga bisa nganterin waktu itu. Yaudah akhirnya orangtua gue pun dengan mengucap bismillah mempersilakan gue untuk mengurus masalah daftar kuliah sendiri ke beberapa kota *aseeeg* . Ya namapun baru lulus SMA dan dari daerah pula, dikasih kepercayaan buat menjelajah sendiri buat gue merupakan kesempatan super mewah. Udah berasa jadi orang dewasa aja waktu itu padahal ya tentu saja masih cupu abis dan mungkin kampungan dilepas ke kota orang sendirian hahaha. Jadi waktu itu gue belajar bolak balik tes univ ke jakarta (UNJ) , ke depok (UI), ke tangerang (UIN), ke jogja (UGM, dan UNY) dan i’m so proud to my self karena gue ngelakuin semuanya sendirian tanpa dianter keluarga. Padahal sebelumnya ya mana berani ke luar kota sendirian sampe berhari-hari dan luntang-lantung nebeng di rumah saudara temen selama nunggu urusan daftar dan tes selesai. Gue mengambil pelajaran banget bisa dapet kesempatan dibelajarin mandiri sama orangtua gue waktu itu. Meskipun ya masih di dalam negeri (masih ambisius someday bs sekolah di luar hehehe) tapi gue berani dan bertanggung jawab atas kepercayaan itu. Percaya deh, lebih seru kayak gitu dibanding dianter-anter orangtua kemana-mana. Gue jadi lebih berani, lebih mudah menjalin relasi baru dengan modal sksd, dan tentu saja yang seru itu nyasar-nyasar bodohnya dan akhirnya diketawain aja.. pokonya super seru. Tips nya buat adek-adek yang mau masuk kuliah, cobalah urus semuanya sendiri, selain mulai melatih kemandirian karena kehidupan kampus itu dominasi individualitasnya tinggi, percayalah itu semua seru sekali dibanding dianter mama atau papa kemana-mana. Kamu akan menantang dirimu sendiri, mengajak dirimu bekerja sama, dan belajar prihatin cencu saja karena nanti ortumu toh ga akan nemenin di kelas pas kuliah kan?. Hehe.

… selalu ada langkah pertama dalam segala hal. Pastikan langkah pertama yang kau ambil itu menyenangkan dan kamu nikmati.. :))

3 thoughts on “Mandiri

    1. Iya teh libur disini..gatau libur apaan *blm ngecek juga hehe* emg seru pergj kemana2 sendiri ya, lebih leluasa dan ga tunggu2an.. tp ntar kalo udh nikah jg kali ya maunya dianterin suamik terus biar romantis haha. Eh ai teteh teh ini nuju di jerman ya?

      1. Sumuhun… jarambah nyaaa..?? Hehe
        Teteh mah dr muda ngga pernah jauh-jauh dari rumah, eeeh setelah nikah malah tebih pisan ti Bumi… 🙂
        Tp teteh suka digodain sobat2 disini, “teh Dewi mah dikit-dikit mas Tri..apa-apa mas Tri” janten sok disebat “ogoan” cenah hehe

Leave a Reply

