Orang yang sulit

Dalam hidup katanya ada aja orang yang sulit atau menyulitkan kita. Misalnya perawat yang judes, ngga informatif, atau costumer service yang irit ngomong, administrasi yang berbelit-belit.

Kalau ditanggepin, orang model kayak gitu biasanya bakal menyerap energi positif kita. Ngelayanin orang model gitu bisa bikin kita ikut-ikutan kayak mereka. Perasaan yang bakal muncul biasanya kesel, gondok, atau pengen ngegabok (eh ini sih gue).


Bawaannya kalau deket-deket orang model gitu biasanya pengen buru-buru beres urusan sambil merutuk di dalam hati: “.. nih orang nyebelin banget.. gue sumpahin bla..bla…blaaa..” haha curcol bingits.

Eh tapi kata orang, justru di dunia ini ngga ada orang yang sulit.. Orang-orang yang sulit, itu masuk ke golongan orang yang patut di kasihani. Mereka ngga bisa mengontrol emosinya saat berinteraksi sama orang lain. Istilah lainnya, empatinya dikit atau bahkan ngga ada samsek. Kan logikanya kalau kita ngga mau di sulitkan oleh orang lain, maka kita ngga boleh menyulitkan orang lain juga.

Tapi..tapi.. kan banyak hal yang mempengaruhi orang sampe ngga bisa pake logika itu. Ngga jarang kan kita ketemu orang-orang sulit model gitu. Nah tipsnya, kita ga boleh ikut-ikutan kebawa permainan mereka. Mereka menyulitkan? Atau ngga ramah? Tegur aja.. atau kalau misalkan emang pelayanannya masuk di sistem, ya wes.. jangan kebawa-bawa jadi orang nyebelin. Ikutin aja prosedur, jangan lelet biar mereka ngga makin nyebelin, hehe (ngga ngasih solusi).

Kalau gue sih biasanya ketemu model orang sulit ini terutama yang jutek, suka gue sapa baik-baik :

G: ” Mbak..mas.. selamat pagi.. boleh minta tolonng..  A.. atau B…”
M: *jawab dengan ketus.. bla bla..*
G: ” Ok makasih.. semoga harinya menyenangkan ya.. selamat bekerja…”
M: * lalu si mbak/ masnya senyum malu saat gue baikin*

Biasanya sih mempan pake jurus begitu..tapi tergantung juga sih.

Pokonya, jangan sampe deh energi positif kita diserap orang-orang sulit. Rugi bok! XD 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s